Anitadesifitriana's Blog

22 Maret 2010

Perpustakaan dan Filologi

Berbicara tentang perpustakaan, maka dapat dihubungkan dengan pelestarian kebudayaan. Pernyataan tersebut berhubungan dengan peran serta fungsi perpustakaan terhadap kebudayaan. Dari awal hadirnya perpustakaan pun telah memelihara (sebagai tempat untuk mengumpulkan) hasil catatan niaga masyarakat di masa lalu.

Lantas adakah kajian ilmu perpustakaan yang berkaitan dengan kebudayaan?. Tentu saja ada, salah satunya para calon pustakawan juga diajarkan tentang filologi yang memiliki objek kajian naskah-naskah kuno (manuskrip). Filologi berasal dari bahasa Yunani philein, “cinta” dan logos, “ilmu, perbincangan”.

Sebuah teks yang termuat dalam sebuah naskah manuskrip, terutama yang berasal dari masa lampau seringkali sulit untuk dipahami, tidak karena bahasanya yang sulit, tetapi karena naskah manuskrip disalin berulang-ulang. Sehingga naskah-naskah banyak yang memuat kesalahan-kesalahan.

Tugas seorang filolog, ialah meneliti naskah-naskah ini, membuat laporan tentang keadaan naskah-naskah ini dan menyunting teks yang ada di dalamnya.

Tetapi apa tugas pustakawan, menyelamatkan naskah-naskah tersebut dari bahaya yang dapat melandanya. Misalnya saja, naskahnya rusak termakan rayap karena usianya yang tua. Namun, ada satu hal yang perlu diperbaiki dari mutu perpustakaan di Indonesia, yaitu perbaiki sistem filling (penyimpanan) untuk naskah-naskah kuno. Agar kebudayaan Indonesia yang kaya ini, dapat selalu dibaca, dilihat bahkan dipelajari oleh generasi selanjutnya.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: